OLIMPIADE MAFAHIM NASIONAL 2015 (OMNAS)

OLIMPIADE MAFAHIM NASIONAL 2015 (OMNAS)
Hai’ah Ash-Shofwah Al-Malikiyyah
Senin-Selasa, 27-28 April 2015
Di PP Assunniyyah Kencong Jember

Dalam rangka menyebarkan faham Ahlussunnah Waljamaah dengan manhaj Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki, maka Hai’ah Ash Shofwah Al Malikiyyah menyelenggarakan event bergengsi bertajuk Olimpiade Mafahim Nasional atau OMNAS 2015.

Diselenggarakannya OMNAS 2015 oleh Hai’ah Ash Shofwah ini bertujuan untuk menjaring tunas-tunas Ahlussunnah Waljamaah yang memiliki landasan keilmuan yang kuat. Dipilihnya kitab Mafahim sebagai materi utama karena kitab karya Abuya Al Maliki ini merepresentasikan kitab Ahlussunnah Waljamaah yang bernilai argumentatif tinggi dan akurat.

Perhelatan OMNAS Ash Shofwah diformat dalam bentuk cerdas cermat dengan materi utama kitab “Mafahim Yajibu An Tusohhah”, ditambah dengan materi sekunder tentang Manaqib Abuya Al Maliki dan seputar wawasan keAsh-Shofwahan.

Sejak Ahad sore (26 April 2015), puluhan delegasi dari berbagai pesantren sudah berdatangan di Pondok Assunniyah Kencong Jember untuk mengikuti OMNAS Ash Shofwah ini. Diantaranya dari PP Langitan Widang Tuban, PP Daruttauhid Pamekasan, PP Darullughoh Bangil, PP Nurul Haromain Pujon Malang, PP KH Syamsudin Pontianak, PP Attanwir Bojonegoro, PP Al Anwar Sarang Rembang, PP Al Ihsan Sumenep, PP Darussalam Banyuwangi, PP Mambaus Sholihin Suci Gresik, PP Al-Zain Al-Makkiy Ciampea Bogor, PP Salafiyyah Sukorejo Situbondo, PP Al Haromain Duwe’ Pote Sampang, PP Ba’alawi Pandaan, PP Syarifuddin Lumajang, PP Al Hasaniyah Banjarmasin, PP Al Maliki Koncer Bondowoso, PP Nuris Antirogo Jember, PP Darusshohihain Sarang Rembang, Darur Rohman Pangarangan Sumenep, PP Manarul Huda Malang, PP Daru Ahlus Shuffah Bojonegoro, dan puluhan pesantren lainnya.

Jalannya perlombaan berlangsung seru, hangat, namun penuh keakraban. Beberapa dewan juri yang terdiri dari KH Kamal Mukhlis Gresik (Sekretaris Umum Ash Shofwah), KH Abdillah Mukhtar Banyuwangi (Jubir Ash Shofwah Pusat), KH Zubair Abdul Aziz Surabaya (Pengurus Harian Ash Shofwah Pusat), KH Azaim Ibrohim Situbondo (Pengasuh PP Salafiyah Sukorejo), KH Moh. Hasan Abdul Muiz Bondowoso (Pengasuh PP Al Maliki Koncer), serta beberapa Masyaikh dan Kiai berdecak kagum, bahkan terharu menyaksikan kader-kader Ahlussunnah piawai dalam menguasai kitab Mafahim.

“Bagaimana saya tidak terharu. Disaat guru saya (Abuya Al Maliki) dikafirkan, disesatkan, bahkan divonis halal darahnya, tetapi justru disini kitabnya dikaji, dipahami, bahkan dihafal oleh adik-adik santri yang umurnya masih belia,” kata KH Zubair, salah satu dewan juri pada OMNAS ini.

Setelah selama dua hari berlangsung, akhirnya Selasa malam (28 April 2015), rangkaian OMNAS Ash Shofwah ditutup dengan penyerahan piala kepada para pemenang Olimpiade oleh KH Azaim Ibrohim, serta pemberian “Ijazah Ammah” kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah dan Dalailul Khoirot oleh KH Sholahuddin Munsib. Dan yang sukses menjadi pemenang adalah sebagai berikut:

JUARA I: PP. Ali Ba’alawi Jember

JUARA II: PP. Assunniyah Kencong Jember

JUARA III: PP. Manarul Huda Tunggulwulung Malang.

JUARA IV (Harapan): PP. Al Anwar Sarang Rembang.

“Kemenangan sejati bukanlah siapa yang pulang membawa piala. Akan tetapi, pemenang sejati yaitu siapa saja yang berpartisipasi dalam Olimpiade ini, sedangkan hatinya memiliki ta’alluq dan mahabbah yang semakin kuat kepada Abuya Al Maliki dan Kanjeng Nabi,” kata Kiai Sadid Jauhari saat menyampaikan Taujih penutupan Olimpiade Mafahim Nasional 2015 Hai’ah Ash Shofwah Al Malikiyyah.

(Liputan Hawariy Ash Shofwah Markazi)

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com