Guci sebuah Musibah dan Kemiskinan

Ada seorang Raja dihadiahi sebuah Guci yang sangat indah. Terbuat dari batu Hijau dan di kelilingi manik-manik mutiara, Begitu melihatnya hati Raja langsung sangat menyukainya lalu Ia berkata kepada penasehatnya :

” Bagaimana pandanganmu tentang Guci ini ?”

” Menurut saya , guci ini sebuah musibah dan sebuah kemiskinan buat anda.” Jawab Penasehat.

“Mengapa bisa begitu ?” Tanya Sang Raja .

” Coba anda pikir , jika guci itu pecah bukankah itu musibah berat buat anda yang tidak tidak akan ada penawarnya ?
Jika guci itu hilang dicuri maka anda malah menjadi miskin karena kehilangannya dan belum tentu bisa mendapat gantinya yang sepadan dengannya.
Padahal sebelum guci ini datang , sungguh kehidupan Tuan aman-aman saja dari ancaman kesusahan dan kemiskinan karena kehilangannya…!” Jawab Penasehat.

Dan akhirnya benar terjadi , guci itu jatuh dan pecah berkeping-keping dihadapan Sang Raja. Rasa sedih dan berat hati langsung mendera dirinya . Maka diaa berkata :

” Ternyata benar kata Penasehatku itu …. Jika tahu begini akibatnya lebih baik aku tidak punya Guci ini saja..”

Pesan dari kisah diatas adalah bahwa:
Bukan harta dunia yang menjadi masalah bagi banyak orang , namun cinta dunia yang ada di dalam hati mereka itulah sumber masalahnya . Karena sesuatu yang tidak abadi seperti harta dan keduniawian itu bisa tiba-tiba musnah dengan begitu mudahnya , meninggalkan rasa sesal di dalam hati yang sudah kadung merasa memilikinya dan menyukainya .

Sayangnya , banyak diantara kita yang terlalu mudah mencintai dunia dan memasukkannya kedalam hati, padahal untuk benda-benda yang harganya remeh semata !!
Oleh : Agus Libasul Ulum

Tinggalkan Balasan

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com